RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Semester : X / 1
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Expression pleasure and Pain
Pertemuan Ke- : 1 & 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3. Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4. Menyusun teks
lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
C. Indikator Percakapan Kompetensi
1.
Menunjukan motivasi untuk mengembangkan
kemampuan mereka dalam berbahasa inggris.
2.
Mengidentifikasi ungkapan yang akan digunakan
untuk mengekspresikan perasaan senang dan sakit.
3.
Mengekspresikan dirinya dengan pecaya
diri ketika menggunakan bahasa inggris
4.
Melakukan percakapan dengan ungkapan
tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui contoh ungkapan ( expression
pleasure ) peserta didik dapat menggunakannya dalam percakapan berbahasa
inggris
2.
Melalui contoh ungkapan ( expression pain ) peserta didik dapat
menggunakannya dalam percakapan sehari-hari
E.
Materi
pelajaran
1.
Ungkapaan puas atau senang : I’m very pleased with this room, Oh, how
marvelous !, it’s good news, and fantastic.
2.
Ungkapan sakit : Ouch! It hurts me so much, Ouch,
that hurts !, and it’s very pain hurts me very much.
F.
Metode/model
dan media yang dipakai dalam pembelajaran
1.
Metode
:
Metode : Practice
Model : Role Playing
2.
Media :
Pictures, Papan tulis (white
board)
Referensi : Look
Ahead An English Course for senior high school students year XI
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyiapkan peserta didik siap
untuk mengikuti pelajaran seperti membaca do’a, al qur’an, mengumpulkan tugas
dan mencek daftar hadir.
·
Menyapa siswa dengan menggunakan
bahasa inggris “ Good morning”
·
Memberikan motivasi kepada siswa
agar mau dan percaya dalam menggunakan bahasa inggris
·
Memberikan penjelasan terhadapan
tujuan pembelajaran kepada siswa yang hendak dicapai
|
15
Menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru memperkenalkan topik
pelajaran dengan menggunakan buku yang bergambar
·
Guru meminta siswa untuk
mengidentifikasi atau menjelaskan tentang ungkapan yang ada dalam buku
bergambar tersebut
·
Guru menjelaskan dengan jelas
tentang ungkapan yang terdapat dalam tersebut Oh, how marvelous ! atau Ouch!
It hurts me so much
Communicating
and practicing
·
Guru meminta siswa untuk
mengulang ungkapan pleasure dan pain secara berulang-ulang
·
Guru menjelaskan kepada siswa
tentang fungsi bahasa dari ungkapan tersebut seperti kapan ungkapan itu bisa
digunakan secara tepat
·
Guru menjelaskan satu persatu
tentang ungkapan yang akan di pelajari oleh siswa misalnya Oh, how marvelous ! digunakan ketika
melihat sesuatu yang luar biasa dan Ouch!
It hurts me so much di gunakan ketika merasakan sakit
·
Guru memastikan apakah siswa
benar-benar mengerti tentang ungkapan tersebut
·
Mengistirahatkan siswa sejenak
untuk membuat mereka relaks dalam belajar
·
Guru meminta siswa untuk membuat
percakapan yang berhubungan dengan topik secara berkelompok ataupun
berpasangan
·
Guru meminta siswa untuk bermain
peran di depan kelas atas percakapan yang telah dibuat oleh siswa dengan
tujuan untuk mengaktifkan siswa dan lebih percaya diri menggunakannnya dalam
kehidupan sehari-hari
·
Setelah semua siswa menampilkan
perannya guru berperan sebagai the corrector tujuannya untuk
memperbaiki kesalahan yang dibuat siswa dari segi pronunciation, structure dengan tidak menyebutkan nama siswa yang
telah membuat kesalahan
|
25
Menit
30
Menit
|
Penutup
|
·
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya
·
Guru kembali memastikan dengan
menayankan apakah siswa memahami topik tentang “expression pleasure” dan “expression
pain”
·
Siswa diminta untuk mengambil
kesimpulan pelajaran tentang topik pada pertemuan ini
·
Siswa diminta untuk mempraktikan
ungkapan tersebut dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru memutup prosen pembelajaran
dengan do’a.
|
10 Menit
|
Assalamualaikum. good work,Allan. but the data unmanageable if like this. to manage the data it's better to make pages, so you can classify them and it has a good performance. I wait your CALL assignment link to mediafire. more info visit and become follower of my blog “learning4room. blogspot.com
BalasHapuswa 'alaikumusalam sir. yes sir i will try to manage the data, insyaAllah tomorrow i will input my task into mediafire. Thanks for your advice sir.
BalasHapus